Posted on

2. Sejarah Cerpen

Sejarah

Cerpen bermula pada kebiasaan penceritaan pengucapan lalu membuahkan kisah populer layaknya hercules serta cleopatrar. kisah tersebut deiberikan didalam wujud puisi beragam, beserta irama berperan menjadi alat untuk membantu orang demi memikirkan cerita itu. penggalan singkat dari cerita ini dipusatkan atas naratif perorangan yang bisa disampaikan ke satu peluang pendek. total kisahnya baru tampak jika total sisi cerita tersebut sudah diberikan.

Fabel biasanya berbentuk cerita rakyat beserta pesan moral didalamnya, konon dikira oleh para pemikir yunani herodotus atas buatan temuan satu orang budak yunani yaitu bernama aesop pada abad ke-6 sm ( walau ada kisah lain datang dari negara lain dikiranya datang dari aesop ). Fabel kuno ini saat ini dikenal atas fabel aesop. walau demikian ada juga yang mendefinisikan lain berkenaan arti fabel. fabel, didalam khazanah sastra indonesia kerapkali, disimpulkan sebagai cerita perihal hewan sebagai tokoh utama. Cerita fabel Indonesia popular contohnya cerita si kancil, dan seterusnya.

Setelah itu, type cerita mengalami kemajuan meliputi sage, mite, serta legenda. sage adalah cerita kepahlawanan. contohnya joko dolog. mite bisa juga mitos lebih mengarah ke cerita berkenaan dengan keyakinan penduduk setempat perihal suatu hal. perumpamaannya nyi roro kidul. namun legenda memiliki kandungan pengertian sebagai sesuatu cerita tentang asal usul berlangsungnya satu area. perumpamaan banyuwangi.

Cerita pendek condong kurang kompleks dibanding dengan novel. Cerpen umumnya memusatkan perhatian pada satu perihal, memiliki satu plot, latar tunggal, jumlah tokoh terbatas, termasuk periode waktu singkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s